Belum Maksimal, Daftar SNMPTN Diperpanjang hingga 19 Februari

Belum Maksimal, Daftar SNMPTN Diperpanjang hingga 19 Februari

Belum Maksimal, Daftar SNMPTN Diperpanjang hingga 19 Februari

Belum Maksimal, Daftar SNMPTN Diperpanjang hingga 19 Februari

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kembali diperpanjang. Sejatinya masa pendaftaran selesai pada Kamis (14/2), dan diperpanjang hingga Sabtu (16/2), kemudian diperpanjang lagi hingga Selasa (19/2) pukul 22.00 WIB. Masa pendaftaran dan finalisasi SNMPTN bagi siswa yang berminat masuk kuliah melalui jalur prestasi ini diperpanjang lagi karena akses untuk pendaftaran dan finalisasi yang masih belum optimal.

Jika masih ada siswa yang belum dapat melakukan pendaftaran dan finalisasi, maka panitia akan mencarikan solusi yang pada prinsipnya tidak merugikan siswa. “Siswa dimohon tetap tenang. Pelayanan pendaftaran akan dibuka hingga 19 Februari pukul 22.00 WIB,” kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) Ravik Karsidi kemarin.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menambahkan, alasan masa pendaftaran yang diperpanjang itu karena LTMPT selaku lembaga tes yang baru diresmikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) melihat perkembangan jumlah pendaftar yang belum optimal seperti yang diharapkan. Dia menjelaskan, penumpukan pendaftar masih saja terjadi karena siswa antre pada masa-masa terakhir pendaftaran.

Baca Juga:

Kemendikbud Luncurkan Program Penanaman Nilai Pancasila

ITB-AD Gelar Guest Lecture, Datangkan Dosen dari ICUTK Thailand

Namun, pihaknya terus mencari solusi agar proses pendaftaran bisa berjalan lancar. Budi menuturkan, LTMPT sebelumnya pada 14 Februari sudah memberlakukan ganjil-genap agar siswa bisa bergiliran login. Sistem ini didasarkan pada nomor induk siswa nasional (NISN).

Pengaturannya yakni jika NISN ganjil, maka jam pendaftarannya pada jam ganjil dan jika nomornya genap maka bisa login di jam genap. “Kami sebelumnya sudah menambah server 10 dan bandwith-nya juga sudah dinaikkan. Kami harap siswa yang belum finalisasi pun bisa segera mencetak kartu pendaftaran,” jelasnya kepada KORAN SINDO.

Perkembangan pendaftaran SNMPTN hingga pukul 17.30

kemarin yakni jumlah siswa yang dinyatakan lulus pada 2019 sebanyak 2.330.420 orang. Sedangkan jumlah siswa yang boleh mendaftar SNMPTN 2019 sebanyak 778.849 orang. Total jumlah siswa yang sudah melakukan pendaftaran sebanyak 472.371 orang. Selanjutnya jumlah pendaftaran yang sudah finalisasi sebanyak 459.820 orang.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman menyampaikan, sampai saat ini jumlah siswa yang mendaftar ke Unnes sebanyak 22.701 orang. Jumlah pendaftar yang mendaftarkan dirinya ke Unnes sebagai PTN pilihan pertama sebanyak 13.972 orang dan yang menjadikan Unnes sebagai PTN pilihan kedua sebanyak 8.729 orang.

Sementara itu, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI)

Kadarsyah Suryadi menjelaskan, LTMPT dan jajaran panitia SNMPTN dinilai sudah bekerja keras dan sudah melakukan sosialisasi sejak awal.

Baik itu mengenai proses pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) maupun pendaftaran dan finalisasi. “Kita apresiasi dan hormati kepada LTMPT dan segenap jajarannya. Mekanisme SNMPTN bukan kegiatan baru sehingga publik seharusnya sudah tahu sejak awal,” katanya.

 

Sumber :

https://telegra.ph/Pengertian-Teks-Ulasan-Contoh-Ciri-Tujuan-Struktur-07-05