Ilmu Lingkungan Hidup

Table of Contents

Ilmu Lingkungan Hidup

llmu mengenai lingkungan hidup disebut ekologi. Ekologi mempelajari interaksi makhluk hidup bersama dengan lingkungannya. Sedang kesatuan tempat atau lingkungan abiotik dan makhluk hidup yang menjalin interaksi bersama dengan disebut ekosistem. Berikut adalah tidak benar satu perumpamaan ekosistem yang terbentuk berasal dari komponen biotik dan abiotik, yaitu lumut, tanah, tanaman, kucing, batu, dan tikus.

Subjek ekologi terlampau kompleks, supaya ahli lingkungan menyebut beragam disiplin ilmu yang terlibat di dalamnya bersama dengan ilmu fisik dan kehidupan. Sebagai contoh, geografi, geologi, biologi, dan meteorologi. Berbagai disiplin ilmu berikut mengupas lingkungan secara khusus. Geografi lingkungan mengupas efek kegiatan manusia di beragam tempat pada lingkungan hidup. Ilmu lingkungan hidup (environmental) secara nyata mengupas efek negatif lingkungan akibat kegiatan manusia dan usaha manusia untuk menahan kerusakan yang ditimbulkan.

Lingkungan terbangun atau lingkungan manusia terbentuk dikala manusia merubah lingkungan alami dan membangunnya. Di permukaan Bumi ini tidak banyak tempat yang tersisa di dalam wujud lingkungan alam. Manusia telah merubah banyak lingkungan alam menjadi lingkungan terbangun.

Perubahan terbesar berjalan pada pembentukan lokasi kota. Di lokasi kota, sukar ditelusuri lagi kenampakan aslinya. Wilayah desa termasuk merupakan lingkungan terbangun dan mengalami perubahan oleh kegiatan manusia, namun bersama dengan intensitas perubahan yang lebih rendah daripada lokasi kota. Manusia punyai efek kuat untuk merubah lingkungan alam demi memenuhi kebutuhannya.

Sumber : kumpulansurat.co.id

Baca Juga :