Jantung Pisang Turunkan Kolesterol pada Daging Kambing

Jantung Pisang Turunkan Kolesterol pada Daging Kambing

Jantung Pisang Turunkan Kolesterol pada Daging Kambing

Jantung Pisang Turunkan Kolesterol pada Daging Kambing

Tidak semua orang berani memakan daging kambing karena memiliki kandungan kolestrol

yang tinggi. Namun, sebuah temuan yang berupa konsentrat jantung pisang bekatul sebagai feed additive diklaim bisa membuat daging kambing dan domba lebih sehat untuk dikonsumsi karena rendah kolesterol.

Inovasi itu ditemukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR PSDKU Banyuwangi yang terdiri dari Dina Deviana, Nur Prabowo Dwi Cahyo, Dwi Retna Kumalaningrum, dan Widya Kusuma yangmenuangkannya dalam proposal PKM bidang Penelitian Ekonomi. Setelah melalui penilaian ketat oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, proposal ini lolos dan mendapatkan dana penelitian dari Kemenristekdikti dalam program PKM 2017.

Dina Deviana memaparkan, timnya ingin memanfaatkan melimpahnya bahan baku

jantung pisang, dimana Banyuwangi merupakan sentra penghasil pisang di Jawa Timur. Selain itu perekonomian di kota yang dijuluki Sunrise Of Java itu banyak ditunjang oleh sektor perikanan, pertanian, dan peternakan.”Maka salah satu cara untuk peningkatan kualitas peternakan di Kabupaten Banyuwangi yaitu dengan meningkatkan kualitas pakan untuk ternak itu,” tambah Dina.

Konsentrat yang digunakan adalah bekatul padi yang dikombinasikan dengan jantung pisang sebagai feed additive. Dipilihnya jantung pisang karena mengandung banyak vitamin C, serat, dan saponin yang cukup tinggi. Jika “suplemen” ini secara rutin diberikan pada kambing/domba, maka kandungan unsur yang ada itu dapat menurunkan kolesterol pada dagingnya. Selain itu jantung pisang sangat bermanfaat bagi ternak kambing maupun manusia yang mengonsumsi daging kambing tersebut.

Membuatnya pun relatif mudah. Diawali dengan jantung pisang itu dibuat tepung dahulu.

Jantung pisang basah digiling (cooper), lalu dilakukan penjemuran pada sinar matahari atau pengovenan hingga kadar airnya tersisa maksimal 14 persen. Selanjutnya dilakukan penggilingan.

Setelah itu dibuat ransum dengan bekatul sesuai persentase tertentu. Dari catatan dan pengamatan dalam pengujian, diperoleh hasil yang sangat baik, konsentrat bikinan Dina Dkk ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam daging kambing/domba serta mampu lebih cepat meningkatkan berat badan ternak.

 

Sumber :

https://harare.storeboard.com/blogs/education/material-about-building-a-beam-room/965003