Jenis Udang Hias Air Tawar buat Mempercantik Aquascape

Jenis Udang Hias Air Tawar buat Mempercantik Aquascape – Udang hias air tawar merupakan keliru satu biota air yg poly diminati guna mempercantik tampilan aquascape. Tampilan fisik udang hias air tawar yg mempunyai aneka macam rona tentunya sebagai daya tarik tersendiri sehingga terkenal & disukai kalangan aquascaper.

Berikut 7 jenis udang hias air tawar yg bisa dijadikan pilihan buat mempercantik tampilan aquascape Anda.

Blue Pearl Shrimp
Udang yg dari dari Taiwan ini memiliki warna biru terang transparan dan sangat dagi dalam malam hari. Beberapa Blue Pearl Shrimp mempunyai bintik-bintik merah dalam tubuhnya. Udang jenis ini pula sensitif terhadap zat-zat adiktif. Suhu air yang ideal buat pemeliharaan udang ini pada kisaran 20-30ºC. Meskipun memiliki kisaran suhu optimal yang luas, pastikan kandungan oksigen di dalam airnya tinggi. Blue Pearl Shrimp sangat cocok mengisi aquascape dengan setingan terang. Harga Blue Pearl Shrimp ini berkisar Rp 10.000 per ekornya.

Red Cherry Shrimp
Udang hias Red Cherry Shrimp memiliki warna tubuh merah yg dagi. Pada udang jantan warna tubuh lebih menyala, selain itu berukuran tubuh udang jantan jua lebih mini daripada udang betina. Karena warnanya yg cerah, udang jenis ini cocok buat mengisi aquascape dengan setingan gelap yg dipadukan dengan flora hijau. Red Cherry Shrimp mempunyai sifat yg sensitif terhadap fluktuasi kimia air atau zat adiktif. Kondisi ideal pemeliharaan Red Cherry Shrimp merupakan dalam suhu 25-27ºC & dalam kisaran pH 6,dua-7,3. Harga udang hias Red Cherry Shrimp ini berkisar antara Rp10.000 sampai 20.000 per ekornya.

Yellow Fire Shrimp
Yellow Fire Shrimp memiliki rona tubuh kuning terang transparan, sesuai menggunakan namanya. Udang hias ini bertenaga terhadap perubahan lingkungan & mempunyai kemampuan adaptasi. Kondisi ideal buat pemeliharaan Yellow Fire Shrimp ini pada air menggunakan suhu berkisar 22-29ºC dan pH 6-8. Udang Yellow Fire Shrimp ini cocok buat setingan aquascape gelap menggunakan substrat hitam dan flora hijau. Harga udang hias Yellow Fire Shrimp dipasaran berkisar Rp 10.000 per ekornya.

Black Rili Shrimp
Udang hias Black Rili Shrimp berwarna hitam dan tubuh putih transparan menggunakan bintik-bintik hitam. Setingan aquascape yang jelas menggunakan subtrat yang cerah akan membuat Black Rili Shrimp nampak begitu manis. Kondisi air yg ideal untuk pemeliharaan udang hias ini yaitu dalam kisaran suhu 20-25ºC & pH 6,-7,8. Black Rili Shrimp dibanderol dengan harga lebih kurang Rp 10.000 per ekornya.

Red Bee Shrimp
Red Bee Shrimp memiliki rona tubuh yang cerah yaitu putih susu menggunakan corak merah. Air buat pemeliharaan udang hias ini wajib dalam suhu di bawah 26ºC dengan kisaran pH 6,2-6,8. Diperlukan air yg higienis menggunakan kualitas yg baik untuk memelihara udang jenis ini lantaran sifatnya yg rentan terhadap parameter air yg nir seimbang. Warna putih susu menggunakan corak merah dalam Red Bee Shrimp ini cocok buat mengisi aquascape yg higienis menggunakan paduan tanaman hijau. Red Bee Shrimp dijual menggunakan harga berkisar Rp 10.000 per ekornya.

Red Nose Shrimp
Red Nose Shrimp merupakan udang hias asal India ini yang memiliki rona tubuh putih transparan dengan hidung memanjang menyerupai cula berwarna merah. Bentuknya yg unik menciptakan udang hias ini poly diminati. Red Nose lebih suka hidup pada lingkungan yg banyak terdapat flora air, kayu-kayuan, dan batu. Makanan utamanya adalah lumut serta alga yang didapatkan dari flora air, sehingga udang hias ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan akuarium.

Cardinal Shrimp
Cardinal Shrimp merupakan udang hias air tawar yg asal berdasarkan Sulawesi, Indonesia. Warna Cardinal Shrimp gelap kemerah-merahan dengan bintik bintik putih diseluruh tubuhnya dan berwarna putih pada ujung ekornya. Setingan aquascape menggunakan dasar bebatuan sangat dianjurkan lantaran berjalan menyusuri bebatuan merupakan selera udang hias Cardinal Shrimp. Makanan utamanya adalah alga sehingga udang ini pula cocok menjadi pembersih sampah organik output tanaman juga ikan lainnya. Selain pemakan alga, udang ini pula adalah hewan hewan pemakan daging, memakan hewan-fauna dengan berukuran lebih kecil.

sumber : faunadanflora.com/