Lebih Bergengsi, Dokter dan Hukum Jurusan Favorit Peserta SBMPTN

Lebih Bergengsi, Dokter dan Hukum Jurusan Favorit Peserta SBMPTN

Lebih Bergengsi, Dokter dan Hukum Jurusan Favorit Peserta SBMPTN

Lebih Bergengsi, Dokter dan Hukum Jurusan Favorit Peserta SBMPTN

Sebanyak 3.679 calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diterima melalui SBMPTN 2018 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Para calon mahasiswa baru UI tersebut berhasil unggul di antara 97.382 total peserta yang memilih UI. Pengumuman dapat dilihat pada Selasa (3/7) melalui situs http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau http://sbmptn.ui.ac.id.

Tahun ini, program studi Pendidikan Dokter menjadi jurusan yang paling diminati di UI pada kelompok ujian Saintek. Sedangkan jurusan yang paling diminati pada kelompok ujian Soshum adalah Ilmu Hukum.

Peserta SBMPTN yang memilih kedokteran UI mencapai 3.955 peserta.

Sementara peserta SBMPTN yang memilih ilmu hukum mencapai 4.568 peserta.

Padahal mereka harus bersaing sangat ketat dan berebut kuota yang sangat sedikit. Kuota jurusan Kedokteran hanya diterima untuk 126 mahasiswa. Sedangkan jurusan Ilmu Hukum hanya diterima untuk 175 mahasiswa.

Catatan UI tahun lalu juga ternyata memang Kedokteran dan Ilmu Hukum menjadi jurusan favorit yang dipilih. Alasannya lantaran kedua jurusan itu dianggap lebih bergengsi.

“Kalau pandangan kami dari humas UI melihat masih kuat preferensi siswa di Indonesia akan profesi Dokter dan profesi Pengacara/Hakim sebagai profesi yang menjanjikan dari segi karir, prestise, dan kebutuhan lapangan kerja yang luas,” tegas Media Relations UI Egia Etha Tarigan kepada JawaPos.com, Rabu (4/7).

Bagi peserta SBMPTN 2018 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI, dapat segera melakukan tahapan sebagai berikut:

1. Konfirmasi Pilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran

Konfirmasi wajib dilakukan secara online pada laman penerimaan.ui.ac.id paling lambat tanggal 8 Juli 2018 pukul 23.59 WIB.

Calon mahasiswa harus memperhatikan dengan saksama seluruh informasi yang disampaikan dan isi semua formulir yang telah disiapkan, termasuk mendapat jadwal pemeriksanaan kesehatan melalui tautan http://pra-registrasi.ui.ac.id.

2. Pembayaran Biaya Pendidikan

Pastikan Anda telah mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang diperoleh saat pengumuman hasil ujian SBMPTN.

Pembayaran Biaya Pendidikan dilakukan mulai 4 Juli hingga 23 Juli 2018 melalui BNI, BTN, Bank Permata, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, BRI, atau Bank Bukopin (pilih salah satu)

3. Registrasi Akademik

Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan, pada: a. Tanggal 24 Juli 2018: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; b. Tanggal 25 Juli 2018: Kedokteran, Hukum, Ilmu Pengetahuan Budaya, Psikologi, Ilmu Keperawatan Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Komputer, Farmasi, Ilmu Administrasi.

 

Sumber :

https://rohitink.com/2019/06/14/need-know-periodic-table-elements/