Mahasiswa Indonesia Raih Emas Pertama di Olimpiade Matematika

Mahasiswa Indonesia Raih Emas Pertama di Olimpiade Matematika

Mahasiswa Indonesia Raih Emas Pertama di Olimpiade Matematika

Mahasiswa Indonesia Raih Emas Pertama di Olimpiade Matematika

Muhammad Yasya, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, berhasil meraih medali emas pertama bagi Indonesia di International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria. Selain dia, ada enam mahasiswa lain yang mendapat medali.

Yasya mengatakan, ini adalah medali emas pertama di ajang internasional yang dia ikuti. Sebelumnya di tahun ini pula dia meraih juara pertama di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina.

Dari ajang ini dia diseleksi dan diikutsertakan dengan ketujuh mahasiswa di IMC 2014

tersebut. Kompetisi tahunan ini disponsori University College London dan American University di Blagoevgrad, Bulgaria.

Setiap universitas diundang untuk berpartisipasi mengirimkan beberapa mahasiswa dan seorang pendamping. Peserta individual pun diperkenankan turut andil.

Kompetisi yang berlangsung 29 Juli-4 Agustus ini diikuti mahasiswa tingkat pertama, kedua, ketiga dan keempat. Setiap kompetisi terdiri dari dua sesi (lima jam setiap sesi).

Bidang yang dikompetisikan adalah aljabar, analisis (real dan complex),

geometri dan kombinatorial dengan pengantar bahasa Inggris. Ajang internasional tahunan ini telah diikuti peserta lebih dari 193 institusi dari 44 negara.

Ini medali emas pertama saya di luar negeri. Saya juga senang sekali bisa keluar negeri,” kata Yasya ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Rabu (6/8/2014).

Penyuka Rawon ini mengatakan, saingan terberat di olimpiade

adalah Israel yang menjadi juara umum. Namun dia mengaku tidak grogi karena sebelumnya sudah menjalani pelatihan, di mana setiap harinya dia dilatih selama 10 jam.

Mahasiswa semester dua yang ingin menjadi peneliti matematika atau elektro ini berharap, akan semakin banyak lagi mahasiswa yang mengikuti olimpiade sejenis karena Indonesia harus diperhitungkan dunia dalam ajang sains ini.

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/cara-membuat-jaring-jaring-kubus/