Rekor MURI “Ngalotek” di HKP Kab.Bandung

Rekor MURI “Ngalotek” di HKP Kab.Bandung

Rekor MURI Ngalotek di HKP Kab.Bandung

Rekor MURI Ngalotek di HKP Kab.Bandung

BANDUNGKAB-Guna meramaikan gelaran Hari Krida

Pertanian ke-43 di Kab.Bandung, pihak Pemkab Bandung adakan pemecahan rekor dunia, “menyajikan menu makanan khas Sunda, yaitu “Lotek”.

Pemecahan rekor dunia itu, digelar, pada Rabu (10/6) bertepatan dengan Pembukaan HKP Ke-43 dimana saat itu, hadir pula Gubernur Ahmad Heryawan.

Sebanyak 100 orang ibu-ibu pembuat “Lotek”

berhasil menyajikan seribu sajian lotek untuk memenuhi undangan peserta HKP Kontak Tani Andalan Kab/Ko di Jabar, dikemas dalam bungkus nasi dus. Menurut pejabat Perwakilan dari Museum Rekor Indonesia (Muri), “sajian Lotek tersebut” adalah memecahkan rekor dunia untuk sejenis. “Oleh karena itu, saya serahkan sertifikat pemecahan rekor dunia kepada atas nama Dadang Naser, Bupati Kabupaten Bandung.

Berhubung hadir Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, maka pejabat perwakilan dari MURI itu meminta kepada Gubernur untuk menyerahkan sertifikat tersebut. Gubernur menyetujUI, dan langsung menyerahkannya kepada Bupati Dadang Naser.

Usai menyerahkan sertifikat MURI, Gubernur

Ahmad Heryawan dan Bupati Dadang Naser mencoba membuat sajian lotek dan hasilnya diberikan kepara pengunjung.

“Kacang, kentang, cabai, gula merah, garam”, “cikur”, dan bawang putih, mulai digerus”. Dengan sedikit bertenaga, Gubernur Heryawan mulai “mengulek” (menggerus) bahan-bahan lotek tersebut. Setelah beberapa menit menggerus, maka mulailah dimasukan sayurannya, yaitu : irisan kangkung, toge, bayam, Kacang panjang, dan kol. “Hasilnya, wah enak, ngan (tapi) asin teuing euy” (tapi terlalu banyak garamnya).

Kegembiraan dua pejabat nampak saat itu. Maklum, mereka habis mengikuti acara formal pembukaan HKP Ke-43, yang sarat dengan pesan-pesan formal.

 

Sumber :

https://www.evernote.com/shard/s418/sh/399fe0a2-0d00-4a35-8e46-e0ba2ce7853e/6ee84b8d25d5f3324ee8277fec16e737