Setting Ncomputing (instalasi / setup) di Warnet & perusahaan

Setting Ncomputing (instalasi / setup) di Warnet & perusahaan

setting Ncomputing (instalasi / setup) di Warnet & perusahaan

setting Ncomputing (instalasi / setup) di Warnet & perusahaan

 

Di artikel sebelumnya sudah menjelaskan arti NComputing

beserta kelebihan dan kekurangannya (thin client yang cocok digunakan di warnet atau perusahaan yang tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi untuk menjalankan softwarenya).

Artikel ini berisi tutorial / cara pasang atau menginstall program vSpace dan meregistrasikan serial number Ncomputing di server (Penulis memakai tipe L130 tapi caranya akan sama untuk tipe lain seperti L230, L300, X300, X350, X550, U170, M300, dan N400).

 

Pertama-tama install vSpace software yang terdapat didalam CD

yg diberikan saat anda membelinya. Setelah sukses ter-install, pastikan Ncomputing sudah dihidupkan dan terhubung ke jaringan.

 

Registrasi NComputing harus dilakukan terlebih dahulu

sebelum digunakan karena bila tidak diregister maka setelah beberapa hari koneksi client Ncomputing ke server akan terputus setelah beberapa menit. Ada beberapa cara, yaitu melalui internet, e-mail, atau distributor. Artikel ini hanya akan membahas registrasi yang via internet.

 

Tutorial / cara registrasi Ncomputing via internet.

Masuk ke Start menu > Programs > NComputing vSpace > vSpace Registration
Tekan Next pada tampilan awal, akan muncul layar seperti dibawah ini. Masukkan data-data anda dikotak isian, bila sudah benar dan lengkap tekan tombol Next.
Cara registrasi Ncomputing

Pada halaman berikutnya pilih On Line – Register via Internet, tekan Next.

registrasi Ncomputing offline

Akan ditampilkan “serial number NComputing” yang terdeteksi oleh server, bila Serial belum diregister akan tertera Not registered, bila sudah diregister akan tertulis Registered.
Serial number Ncomputing

Pilih serial number yang belum diregister lalu tekan next. vSpace Registration akan tersambung ke internet, kemudian akan muncul notifikasi bila proses registrasi berhasil atau tidak.
Bila pembaca ingin memindahkah client Ncomputing ke server yang berbeda pastikan terlebih dahulu melakukan Unregister serial number Ncomputing, lalu ulangi proses registrasi di server yang baru.

Spesifikasi komputer server Ncomputing di dalam perusahaan penulis:
Intel Core 2 Quad 2,33 Ghz (Q8200)
4 GB DDR2 RAM
Windows XP sp3
vSpace Software Version 4.04.005 (Build date 18-03-2009)
Dengan spesifikasi diatas, resource yang digunakan masih sangat berlebih dengan penggunaan 8 client Ncomputing (Ram terpakai 700MB, dan rata-rata penggunaan resource CPU sebesar 20%).

Infoteknologi.com merokomendasikan jangan mengupdate software vSpace kalau tidak perlu, karena bila diupdate maka pembaca harus men-flash client NComputing ke versi yang sama, dan ini agak merepotkan, penuh resiko dan manfaat yang didapatkan tidak sebanding.

Setting Ncomputing di Windows

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin memasang Ncomputing di warnet atau perusahaan.

Note: Untuk program pendukung vSpace yaitu NIU anda bisa membaca artikel Menggunakan IP berbeda di setiap client NComputing

Sumber : https://icanhasmotivation.com/kalimat-majemuk-setara/