SMART PATAS Solusi Atasi Kekeringan Lahan

SMART PATAS Solusi Atasi Kekeringan Lahan

SMART PATAS Solusi Atasi Kekeringan Lahan

SMART PATAS Solusi Atasi Kekeringan Lahan

BANDUNG-PT Len Industri (Persero) kembali menorehkan prestasi

, setelah di penghujung tahun 2015 lalu ditutup dengan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar dan pertama di Indonesia yang berlokasi di Kupang – NTT.

Kini, mengwali tahun 2016 Len bekerjasama dengan pemerintah Povinsi Gorontalo meresmikan SMART PATAS (Pompa Air Tenaga Surya) yang merupakan perangkat pensuplai air untuk irigasi persawahan dengan memanfaatkan energi matahari dengan komponen utama berupa solar modul,controller,dan pompa air.

Dari release PT LEN yang diterima .go.id, Sabtu (9/1), dijelaskan, bahwa SMART PATAS merupakan salah satu pengembangan aplikasi tenaga surya diresmikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Marwan Jafar yang didampingi oleh Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Abraham Mose dan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie beserta pejabat pemerintahan lainnya.

SMART PATAS dianggap sebagai solusi tepat untuk atasi

kekeringan khususnya di provinsi Gorontalo. Dilengkapi dengan smart monitor yang dapat memberikan input berupa kinerja sistem PATAS, jumlah atau kapasitas penyerapan tenaga matahari dan debit air.

Dengan disaksikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, penandatanganan MOU Len dan Pemprov Gorontalo mengenai pemanfaatan pengembangan aplikasi produk – produk tenaga surya dilaksanakan.

SMART PATAS merupakan produk andalan Len hasil karya

pengembangan dari anak bangsa memiliki beberapa keunggulan antara lain : Menjaga stabilitas pasokan air ke lahan pertanian di musim kering sehingga terhindar dari puso atau kekeringan,lebih ekonomis jika dibanding dengan pompa air tenaga genset, garansi 20 tahun untuk solar modul dan 10 tahun untuk pompa.

Abraham berharap kedepannya daerah lain dapat mengikuti kesuksesan desa Limboto Gorontalo dalam mengatasi kekeringan lahan dengan penggunaan SMART PATAS untuk pengairan sawah/lahan lainnya.

Tak hanya mendukung program pemerintah untuk mencintai produk dalam negeri,Len turut aktif mendukung kemandirian pangan dengan SMART PATAS, hal ini sejalan dengan tagline Len ‘kemandirian teknologi yang berdaya saing’ (Pun)

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/148436723/apa-itu-voc/