Tujuan Penyelenggaraan Dana Pensiun

Tujuan Penyelenggaraan Dana Pensiun

Tujuan Penyelenggaraan Dana Pensiun

Tujuan Penyelenggaraan Dana Pensiun

  1. Bagi Pemberi Kerja

Jika dipandang dari sisi pemberi kerja, tujuan penyelenggara dana pensiun adalah sebagai berikut :

  • Kewajiban moral

Perusahaan mempunyai kewajiban moral untuk memberikan rasa aman kepada karyawan pada saat mencapai usi pensiun. Tenaga kerja tidak dapat dipandang sebelah mata sebagai faktor produksi, kewajiban moral tersebut diwujudkan dengan memberikan jaminan ketenangan atas masa depan para karyawannya. Karyawan yang sudah memasuki masa pensiun tidak tidak dapat dilepas begitu saja perusahaan masih memiliki tanggung jawab moral terhadap mereka. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk mengikuti atau membentuk sendiri dana pensiun untuk para karyawannya.

  • Loyalitas

Jaminan yang diberikan untuk karyawan akan memberikan dampak positif pada perusahaan. Karyawan akan termotivasi untuk bekerja lebih baik dengan loyalitas dan dedikasi yang tinggi, loyalitas tersebut akan semakin besar dengan jaminan keamanan yang diterima oleh karyawan.

  • Kompetisi pasar tenaga kerja

Dengan memasukkan program pensiun sebagai suatu bagian dari total kompensasi yang diberikan kepada karyawan diharapkan perusahaan akan memiliki daya saing dan nilai lebih dalam usaha mendapatkan karyawan yang berkualitas dan profesional di pasaran tenaga kerja.

  1. Bagi Karyawan

Jika dipandang dari sisi karyawan, tujuan penyelenggara dana pensiun adalah sebagai berikut :

  • Rasa aman terhadap masa yang akan datang

Karyawan mengharapkan mendapatkan jaminan ekonomis karena penghasilan yang ia terima memasuki masa pensiun. Harapan ini akan mempengaruhi kinerja saat ini, pada saat ia masih produktif.

  • Kompensasi yang lebih baik

Karyawan mempunyai tambahan kompensasi meskipun baru ia nikmati pada saat mencapai usia pensiun atau berhenti kerja.

  1.     

    Jenis Kelembagaan Dana Pensiun

  • Dana pensiun pemberi kerja

Dibentuk oleh  orang atau badan yang memperkerjakan karyawan selaku pendiri dan untuk menyelenggarakan PPMP atau PPIP bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.

  • Dana pensiun lembaga keuangan

Dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pati (PPIP) gai perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari dana pensiun pemberi keja pesertanya (UU No.11/1992).

Sumber: https://www.sekolahbahasainggris.co.id/