Bahas Zonasi, Kemendikbud Gelar Rembuknas

Bahas Zonasi, Kemendikbud Gelar Rembuknas

Bahas Zonasi, Kemendikbud Gelar Rembuknas

Bahas Zonasi, Kemendikbud Gelar Rembuknas

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan Rembuk Nasional

Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) mulai 11 hingga 14 Februari 2019. RNPK ini direncanakan dibuka Presiden RI Joko Widodo.

“Dengan RNPK diharapkan bisa membangun sinergi pusat dan daerah serta masyarakat untuk menyukseskan program-program prioritas sebagaimana tertuang dalam Nawa Cita,” jelas Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kemendikbud RI, Ananto Kusuma Seta.

Dengan diselenggarakannya RNPK ini, tambah Ananto, dapat berbagi pengalaman dan informasi terkait praktik baik serta permasalahan dalam mengelola pendidikan dan kebudayaan serta bersama-sama merumuskan solusi yang bisa diadopsi oleh pihakpihak terkait.

“Penyelenggaraan RNPK ini menjadi wadah dan upaya meningkatkan kerja sama

berbagai pihak

untuk bersama-sama membangun dan memajukan pendidikan dan kebudayaan,” tutur Ananto

. Tahun ini penyelenggaraan RNPK mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Dengan tema ini, Staf Ahli Ananto mengutarakan bahwa seluruh peserta yang terdiri atas semua pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan dapat bersinergi dalam membuat strategi kedepan dalam menyukseskan program-program yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan.

Isu-isu strategis yang akan dibahas dalam diskusi kelompok, terdiri atas: Penataan

dan Pengangkatan Guru; Revitalisasi Pendidikan Vokasi, meliputi pengembangan sertifikasi kompetensi, penguatan kerja sama lembaga pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri, penguatan kewirausahaan, dan penuntasan peta jalan revitalisasi pendidikan vokasi di provinsi. Selanjutnya Sistem Zonasi Pendidikan; Pemajuan Kebudayaan; dan Penguatan Sistem Perbukuan dan Penguatan Literasi

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/BYJB6KN