Bicara Reformasi Pendidikan, Mendikbud Cerita Pengalaman Pimpin Gojek

Bicara Reformasi Pendidikan, Mendikbud Cerita Pengalaman Pimpin Gojek

Bicara Reformasi Pendidikan, Mendikbud Cerita Pengalaman Pimpin Gojek

Bicara Reformasi Pendidikan, Mendikbud Cerita Pengalaman Pimpin Gojek

– Mendikbud Dikti Nadiem Makarim bicara mengenai pentingnya reformasi pendidikan

untuk merubah sistem pendidikan di Indonesia agar dapat diterapkan menyeluruh dan permanen. Hal itu diungkapkan Nadiem langsung kepada seluruh kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas sekolah.

Awalnya, Nadiem mengatakan tentang pentingnya sifat dasar kepemimpinan yang harus ditanam oleh siswa sekolah. Nadiem ingin seluruh sekolah di Indonesia menerapkan teori kepemimpinan di sistem pendidikan, diawali oleh para guru mengubah paradigma kepemimpinan.

Dia pun memberikan contoh kepemimpinan saat dia menjabat sebagai salah satu CEO di perusahaan ojek online.

“Ada beberapa hal mengenai kepemimpinan yang ingin saya bicarakan

, dan ini dari pengalaman saya sendiri, memimpin organisasi sebelumnya dengan lebih dari 2 juta member di seluruh Indonesia. Jadi ada beberapa hal yang saya pelajari dan ingin saya terapkan juga di dalam teori kepemimpinan di sistem pendidikan,” kata Nadiem di Simposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Baca juga:
Menteri Nadiem Disarankan Ganti UN dengan Portofolio Karya Siswa

“Yang pertama adalah perubahan paradigma dari kementerian sampai ke dinas

, pengawas sampai ke kepala sekolah. Saya ingin mengajak Bapak Ibu mengubah paradigma kepemimpinan dari tadinya itu penguasa, atau pengendali, atau regulator kita berubah jadi paradigma kepemimpinan yang melayani. Kita semua jadi pelayan, pembantu daripada bawahan kita. Ini mungkin perubahan dasar yang terpenting sekarang,” imbuhnya.

Baca juga:
Perlu Kajian Menyeluruh untuk Wujudkan Wacana Penghapusan UN

Kedua, Nadiem meminta agar sekolah sebelum membuat kebijakan harus melihat apa dampaknya bagi siswa, apakah kebijakan itu berdampak ke siswa atau tidak. Dia juga meminta perubahan yang dibawa oleh guru dan sekolah itu menciptakan rasa aman bagi siswa.

 

Sumber :

https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/home-design-makeover/