Kapitalisme dan Liberalisme

Table of Contents

Kapitalisme dan Liberalisme

Kapitalisme dan Liberalisme

Kapitalisme dan Liberalisme

Kapitalisme merupakan sebuah sistem yang muncul dari sebuah pemikiran dunia Barat. Kapitalisme mulai mendominasi kehidupan perekonomian ekonomi dunia Barat sejak runtuhnya feodalisme. Setelah Eropa memasuki zaman renaiscance yaitu zaman dimana pencerahan mulai muncul setelah zaman feodal kapitalisme muncul bersamaan dengan munculnya ideologi baru yaitu liberalisme.

Liberalisme muncul dari akibat meledaknya revolusi industri di Eropa yaitu perubahan sistem feodal menjadi liberal. Liberalisme di Eropa merubah seluruh aspek kehidupan masyarakat pada zaman itu. Liberalisme mulai masuk pada sendi-sendi kehidupan masyarakat Eropa seperti politik, ekonomi dan sosial budaya.

Dalam bidang ekonomi, di Eropa akhirnya di kenal sistem kapitalisme. Sebuah sistem yang mencakup hubungan-hubungan pemilik modal besar. Bapak kapitalisme yaitu Adam Smith mengemukakan 5 teori dasar dari kapitalisme :
1.Pengakuan hak milik pribadi tanpa batas – batas tertentu.
2.Pengakuan hak pribadi untuk melakukan kegiatan ekonomi demi meningkatkan status sosial ekonomi.
3.Pengakuan adanya motivasi ekonomi dalam bentuk semangat meraih keuntungan semaksimal mungkin.
4.Kebebasan melakukan kompetisi.
5.Mengakui hukum ekonomi pasar bebas/mekanisme pasar.

Dalam perkembangannya kapitalisme menjadi sangat berpengaruh kepada seluruh aspek global kemasyarakatan. Sistem kapitalisme membentuk sistem sekulerisme, yang menghalangi agama terlibat dalam kebijakan ekonomi.

Kapitalisme juga mengenal liberalisasi perdagangan dalam bentuk pasar bebas. Perdagangan bebas yang dilakukan berdasarkan sistem kapitalisme merupakan bentuk baru dari kapitalisme global. Selain itu pengaruh dari kapitalisme global adalah munculnya liberalisme di bidang perekonomian.

Sumber : https://indianapoliscoltsjerseyspop.com/