SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Terus Bersinergi dengan Alumni

SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Terus Bersinergi dengan Alumni

SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Terus Bersinergi dengan Alumni

SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Terus Bersinergi dengan Alumni

PRESTASI. Kata itulah yang identik dengan SMAN 1 Kota Tasikmalaya.

Sekolah yang berada di Jalan Rumah Sakit Kota Tasikmalaya itu telah melahirkan alumni-alumni yang sukses di bidangnya masing-masing

Ikatan alumni SMAN 1 cukup kuat dengan sekolah. Tak ayal, alumni selalu memantau prestasi sekolah. “Sekarang ini, untuk prestasi akademik sedikit menurun. Alumni sudah mewanti-wanti agar sekolah melakukan strategi agar sekolahnya kembali berprestasi, khususnya dalam bidang akademik,” kata Kepala SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Drs. H. Dadi Bahtiar M.M.Pd saat ditemui di sekolahnya, Senin 17 November 2018.

Diakuinya, keberadaan alumni memang sangat dibutuhkan oleh sekolah. Pertama untuk memotivasi siswa, kedua untuk melakukan sinergi. Sebab kontribusi alumni untuk sekolah cukup banyak.

“Bahkan bantuan alumni sangat terasa oleh sekolah. Khususnya

dalam pembangunan sarana dan prasarana sekolah. Bantuan yang diberikan alumni diharapkan bisa memotivasi siswa dan sekolah untuk berprestasi,” ujar Dadi.

Menurut Dadi, keberadaan alumni juga sebagai kontrol bagi sekolah untuk selalu meningkatkan prestasi. “Kalau sekolah berprestasi alumni juga ikut bangga,” katanya.

Selain bersinergi dengan alumni, lanjut Dadi, untuk mencetak siswa berprestasi ia terus memotivasi para guru untuk berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya.

Bahkan, ia memberi keleluasaan kepada gurunya untuk mengajukan program

dan anggaran dalam membimbing siswanya. “Misalnya untuk para pembimbing olimpiade. Silakan ajukan program, kami akan memfasilitasinya,” ujar Dadi.

Sementara kepada siswa Dadi menambahkan, selain memaksimalkan dalam proses belajar mengajar, pihaknyaa selalu memberi pelatihan dan pembinaan. Ia mencontohkan siswa yang akan diikutsertakan dalam perlombaan seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) diberi pelatihan dan pembinaan khusus.

“Begitu juga bagi siswa kelas 12, sebelum ujian nasional, kami latih dulu dengan serangkaian try out,” kata Dadi.

Ia berharap dengan upaya dan strategi yang dilakukan SMAN 1 Kota Tasikmalaya bisa kembali berjaya seperti pada tahun 2008/2009. SMAN 1 Kota Tasikmalaya menjadi juara umum pada OSN tingkat Kota Tasikmalaya.

Apa yang menyebabkan sekolah yang memiliki 1.259 siswa dan 71 guru ini selalu berprestasi, menurut Dadi yang ia terapkan kepada seluruh stakeholder adalah kedisiplinan. “Kedisiplinan dalam belajar akan melahirkan karakter yang baik dan siswa berprestasi,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang siswa SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Sarah Syahidatul Fitri mengaku bangga sekolah di SMAN 1. “Saya bangga bisa bersekolah di sini. Betah. Sekolahnya bagus. Sekolah juga sangat mendukung kepada siswa berprestasi,” ungkap siswa pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi ini.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/fardu-rukun-shalat/